Minggu, 07 Juli 2013

Berkebun Sehat Dengan Kebun Toga


Jika biasanya kita sering mendengar kebun ketela, kebun kopi, kebun pisang, bagaimana dengan kebun toga? Ya, hari ini Saka Bakti Husada Sri Tanjung memulai aksi untuk menciptakan kebun sehat dengan tanaman toga sebagai isinya. Mengambil sedikit lahan kosong dari milik Pangkalan Puskesmas Pesanggaran, kebun sehat ini terbentuk dengan tampilan sederhana.

Suasana tanam toga
Meskipun demikian, berbagai jenis toga tercakup dalam satu kebun mini ini. Setidaknya ada beberapa jenis toga yang terdiri dari kunyit, lengkuas, kencur, jahe, dan beberapa tanaman lainnya tertanam dalam kebun yang dikonsep langsung oleh Dewan Saka Bakti Husada Sri Tanjung. Diharapkan dengan adanya kebun toga ini, nantinya betul-betul dapat dimanfaatkan secara efisien bagi Saka Bakti Husada sendiri. Selain itu kebun mini ini diharapkan juga mampu memberikan contoh kepada masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan rumah sebagai kebun sehat yang selama ini masih belum menjadi kebiasaan masyarakat secara luas.


Jika kebun toga ini dapat diwujudkan pada tiap-tiap rumah tangga, tentunya akan menjadi alternatif praktis dalam mengatasi berbagai gangguan kesehatan anggota rumah tangga. Sebab kita tahu toga yang merupakan obat alami ini sangat cocok dengan mengatasi berbagai penyakit ringan hingga sedang dalam rumah tangga seperti demam, diare, masuk angin, pegal linu, batuk, sakit kepala, dan sebagainya. Jika toga sudah ada di rumah, kenapa harus repot-repot cari obat di toko/ apotek? Toh, obat-obatan yang ada di toko/ apotek pastinya adalah obat kimia yang memiliki efek samping. Jelas, jika dibandingkan dengan khasiat toga, obat-obatan tersebut memiliki manfaat yang jauh berbeda. Toga masih mampu menjadi obat alami yang nyata-nyata sehat tanpa efek samping.

Semoga saja dengan kebun toga kecil ini, nantinya akan membawa manfaat yang besar bagi Saka Bakti Husada sendiri, lingkungan, maupun masyarakat. Kebun sehat, rumah tangga sehat.

Sehat ada karena SBH jaya! Salam Pramuka!

2 komentar: