Minggu, 05 Mei 2013

UPGK (Usaha Peningkatan Gizi Keluarga)

Proses kegiatan UPGK di Posyandu
Dalam rangka implementasi SKK Krida PHBS di keluarga, Saka Bakti Husada Kwaran Pesanggaran berpatisipasi aktif dalam kegiatan Posyandu di beberapa desa di wilayah Kwartir Ranting Pesanggaran. Dua desa yang menjadi objek sasaran kegiatan ini adalah Desa Sumbermulyo dan Desa Lampon. Pada kegiatan kali ini anggota SBH berusaha menerapkan prinsip-prinsip UPGK khususnya di Posyandu sebagai sarana untuk memantau kesehatan ibu dan anak. Salah satunya upaya pada kegiatan ini adalah penimbangan bayi.

Contoh KMS
Penimbangan bayi merupakan salah satu upaya untuk memantau perkembangan pertumbuhan anak di bawah umur 5 tahun. Dan setiap ibu yang memiliki anak di bawah umur 5 tahun herus mempunyai KMS (Kartu Menuju Sehat). KMS merupakan kartu untuk mencatat dan memantau perkembangan balita dengan melihat garis pertumbuhan berat badan anak dari bulan ke bulan pada KMS sehingga dapat diketahui status pertumbuhan anaknya. Apabila berat badan di bawah garis merah, maka hal tersebut merupakan awal tanda balita gizi buruk.

Proses penyuluhan kepada ibu balita
Dalam kegiatan tersebut anggota Saka Bakti Husada juga berperan aktif dalam proses pemberian penyuluhan kepada masyarakat mengenai pentingnya memantau pertumbuhan anak. Hal ini dikarenakan masih banyak sekali para ibu yang masih belum mengetahui arti penting dari KMS bagi anak balitanya. Kebanyakan masyarakat hanya menganggap bahwa KMS sekedar kartu untuk melihat berat badan bayi dari bulan ke bulan. Padahal tidak hanya itu. KMS sebetulnya lebih berfungsi sebagai pemantau tingkat kesehatan dan tingkat kenormalan anak yang dapat diketahui melalui pertumbuhan berat badannya.
Dari sinilah para anggota SBH berpartisipasi aktif untuk menerapkan cara bagaimana penimbangan bayi dan mengisi KMS dengan benar sebagai upaya penerapan UPGK di Posyandu. Hal ini pula yang akan menjadi bekal bagi para laskar SBH sebagai kader kesehatan yang mampu menunjukkan darma baktinya kepada masyarakat.

0 komentar:

Poskan Komentar