Minggu, 31 Maret 2013

Belajar Membuat Obat Tradisional

Kemarin jum'at tanggal 29 maret 2013. SBH memberikan bekal kepada anggota saka dengan kegiatan membuat obat tradisional dari rempah-rempah yang dapat kita dapatkan di lingkungan sekitar, dan untuk mengetahui  manfaat dari rempah-rempah tersebut. Rempah-rempah sangatlah beguna bagi kesehatan tubuh dan juga tidak menimbulkan efek samping seperti obat-obatan kimia. Ada 3 pembagian obat tradisional yang perlu kita ketahui yang seluruhnya mengacu pada kualitas dan tingkat keamanan obat tradisional sebelum kita konsumsi: 

Jamu
Obat tradisional terbukti berkhasiat dan aman berdasarkan bukti empiris turun temurun.
 
OHT (Obat Herbal Terstandar)
Obat Tradisional terbukti berkhasiat melalui uji pra-klinis dan teruji aman melalui uji toksisitas, bahan terstandar dan diproduksi secara higienis.
 
Fitofarmaka
 
Obat tradisional terbuksi berkhasiat melalui uji pra-klinis dan uji klinis, teruji aman melalui uji
toksisitas, bahan terstandar, dan diproduksi secara higienis dan bermutu.

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Dan Cara Meramunya :
Berikut ini beberapa manfaat kunyit atau kunir untuk kesehatan :
Pengobatan Diabetes mellitusCara pengobatannya : Ambil 3 rimpang kunyit, 1/2 sendok teh garam. Kemudian direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. setelah itu diminum 2 kali seminggu 1/2 gelas.
Untuk Sakit Tifus. Caranya : Siapkan 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto. Lalu semua bahan  ditumbuk halus dan diperas untuk diambil airnya, kemudian ditambah 1 gelas air masak yang masih hangat, dan disaring. Diminum, dan dilakukan selama 1 minggu berturut-turut. Atau yang paling sederhana ambil 1 rimpang kunyit parut, kemudian peras tanpa diberri air, kemudian air perasan kunyit tadi ditambahi madu aduk rata. Kemudian minum 2 kali sehari tiap pagi dan sore.
Perut Mulas pada saat Haid. Caranya ambil 1 rimpang kunyit sebesar 4 cm, 1 rimpang jahe sebesar 4 cm, 1/2 rimpang kencur sebesar 4 cm. Kemudian semua bahan tersebut dicuci bersih dan diparut untuk diambil airnya, kemudian di tambah dengan perasan jeruk nipis, diseduh dengan 1/2 gelas air panas dan disaring. Bisa juga ditambah garam dan gula secukupnya dan diminum pada hari pertama haid. atau mungkin madu asli.
Cangkrang (Waterproken) Caranya 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun eceng, lalu ditumbuk sampai halus. Setelah itu dioleskan pada bagian yang kena cangkrang.


Manfaat Beras Kencur :
Selain meningkatkan, khasiat jamu beras kencur lainnya adalah untuk menghilangkan pegal-pegal dan rasa capek. Jika diminum dengan madu, beras kencur juga dapat menghilangkan batuk dan sakit maag. Dan untuk kulit beras kencur juga dapat memutihkan kulit, mengencangkan kulit, dan mengkilapkan rambut.
Cara pengolahanya : Terlebih dahulu beras direndam semalam, lalu beras dihaluskan dengan lumpang atau alat penumbuk lainnya. Kemudian semua bahan direbus hingga mendidih, setelah itu disaring. Jamu buatan sendiri siap dikonsumsi.

























Manfaat Jahe Bagi Kesehatan :
Beberapa manfaat jahe
- Tumbuhan yang memiliki manfaat pengobatan atau kesehatan sangat banyak, salah satunya adalah Jahe. Jahe telah dikenal sejak jaman dahulu sebagai tanaman obat, selain juga digunakan untuk rempah masakan.

Berikut Beberapa Manfaat Jahe Bagi Kesehatan:
Mengurangi rasa sakit. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi atau anti peradangan dan mampu menghilangkan rasa sakit yang ditimbulkan oleh penyakit osteoarthritis atau arthritis. Jika penderita penyakit tersebut mengkonsumsi jahe secara teratur maka mobilitas mereka dapat lebih aktif.
Mabuk kendaraan. Orang yang sering merasa mual dan mabuk saat naik kendaraan atau pesawat dapat mengkonsumsi air jahe untuk mengurangi mual. Jahe pun dapat mengurangi efek jet lag.
Maag/perut perih. Air jahe adalah obat alami untuk berbagai jenis penyakit. Sakit maag dan perih pada lambung pun dapat dikurangi dengan konsumsi air jahe hangat.
Kram menstruasi. Wanita yang kerap mengalami kram saat menstruasi, sebaiknya mencoba minum air jahe hangat, ketimbang obat pereda sakit.
Batuk dan tenggorokan gatal. Jahe dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk dari serangan virus batuk dan flu. Selain itu, jahe meringankan gatal dan sakit tenggorokan. Konsumsi jahe saat batuk, sangat melegakan dan mengencerkan dahak.

0 komentar:

Poskan Komentar