Selasa, 15 Juli 2014

Pelantikan Saka Bakti Husada Periode VIII

Alhamdulillah... Akhirnya kegiatan pelantikan anggota baru Saka Bakti Husada Sri Tanjung Kwartir Ranting Pesanggaran, Banyuwangi berjalan lancar. Kegiatan pelantikan sukses dilaksanakan dengan serangkaian kegiatan yang terangkum dalam perkemahan Sabtu-Minggu. Melibatkan Saka Bahari dan Saka Wirakartika, kegiatan pelantikan ini menjadi cermin kesatuan Gerakan Pramuka meskipun terdiri dari berbagai macam Satuan Karya Pramuka.

Outbond, pengikis kesenjangan antar anggota
Pemantapan mental, fisik, dan spiritual calon anggota baru adalah fokus pada kegiatan pelantikan. Dengan bekal mental, fisik, dan spiritual yang baik, anggota baru Saka Bakti Husada nantinya diharapkan mampu berperan aktif dalam implementasi kegiatan kesakaan yang merupakan tujuan utama Satuan Karya Pramuka. Implementasi kegiatan Saka Bakti Husada dengan sasaran utama lingkungan sekitar memang membutuhkan kader-kader kesehatan dengan kepribadian yang telah tertata. Maka tidak mungkin jika tantangan berat yang ada di masyarakat saat ini dapat teratasi dengan rendahnya semangat anggota.

Serah terima jabatan SBH rotasi VII ke rotasi VIII

Penyegaran
Jabat penutup kegiatan
Sedikitnya terdapat 4 agenda penting yang telah terlaksana dalam rangka pembinaan sikap-sikap kader kesehatan di atas. Pembinaan jiwa spiritual melalui sharing keagamaan, pembinaan mental melalui kegiatan penggalian mimpi dan motivasi, pembinaan fisik melalui kegiatan jelajah malam, serta disempurnakan dengan kegiatan outbond dalam rangka pengikisan kesenjangan antar anggota. Dengan metode terjadwal dan tanpa duga, pembinaan ini mampu memberikan nilai baru kepada calon anggota. Bahkan tidak sedikit pula anggota kepanitiaan ikut merasakan nilai ini di dalam jiwa mereka.

Hingga sampai pada penutup kegiatan, akhirnya pelantikan anggota baru Saka Bakti Husada ini dapat menjadi bahan pelajaran sekaligus renungan bagi anggota terlantik untuk terus meningkatkan kemampuan dan disiplin diri demi mewujudkan cita-cita organisasi. Dampak peningkatan sikap inilah yang diharapkan mampu berguna bagi keluarga maupun lingkungan. Sehingga kesakaan benar-benar mampu menjadi wadah pembinaan bakat dan minat yang positif bagi anggota.

Motivasi kecil pada penutupan kegiatan
Serah terima jabatan rotasi VII ke rotasi VIII mewarnai penutupan kegiatan ini. Begitu pula dengan penyematan badge, sumpah janji anggota, penyegaran, dan jabat perpisahan akhir kegiatan.
Kepanitiaan yang juga melibatkan Saka Bahari dan Saka Wirakartika

0 komentar:

Poskan Komentar