Minggu, 09 Juni 2013

Sekilas Tentang PPGD

Suasana saat materi PPGD
Keterampilan mengenai Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) memang sangat diperlukan bagi setiap orang, terutama bagi para kader kesehatan seperti anggota Saka Bakti Husada. Maka dari itu memang diperlukan sekali bekal dan pengetahuan seputar pertolongan pertama ini demi kelancaran pada saat implementasi di lapangan.
 
Hal yang perlu diketahui bagi seorang kader kesehatan adalah mengenai sikap-sikap yang seharusnya dilakukan ketika melakukan PPGD kepada korban. Sikap utama yang harus dilakukan adalah tanggap namun tenang. Sikap ini sangat diperlukan ketika menghadapi korban jenis apapun. Segera cek keadaan fisik korban. Pengecekan fisik ini meliputi kondisi denyut jantung, nafas, serta kondisi fisik lain seperti luka dan semacamnya.
 
Pada kegiatan kali ini anggota Saka Bakti Husada diberikan beberapa bekal keterampilan PPGD yang di antaranya meliputi penanganan korban pingsan, syok, luka ringan, luka berat, dan korban tenggelam. Penanganan pada korban-korban semacam ini memerlukan beberapa teknik yang seharusnya sudah harus dikuasai oleh penolong. Di antaranya adalah resusitasi, kompresi, dan sebagainya. Mengingat tingkat kesadaran korban pun juga masih terbagi lagi menjadi 3 jenis yang meliputi sadar penuh, setengah sadar, dan tidak sadar, maka teknik-teknik penanganan pasien pun juga akan mengalami variasi sesuai dengan kondisi yang ada.

Tidak mudah memang menguasai berbagai teknik PPGD yang ada. Apalagi PPGD meliputi berbagai jenis yang masing-masing membutuhkan penanganan yang berbeda. Namun hal yang sulit bukan berarti tidak bisa kan? Jadi, tetap semangat menimba wawasan seluas-luasnya. Tumbuhkan semangat tersebut melalui satuan karya.

Sehat ada karena SBH jaya! Salam Pramuka!

0 komentar:

Poskan Komentar