Jumat, 17 Mei 2013

DIKLAT KRIDA SAKA BAKTI HUSADA


Dalam rangka diklat yang diadakan oleh para pengurus puskesmas kwaran Pesanggaran yang diselenggarakan dari pukul 08.00 sampai jam 12.00 kemarin, para anggota Saka Bakti Husada mengikutinya dengan antusias. Dan mereka juga sangat semangat untuk menerima materi-materi yang diberikan langsung oleh 6 instruktur yang membidangi masing-masing Krida Saka Bakti Husada, di antaranya: Dr. Hj. Indah Sri Lestari, MMRS, Dr. Anis, Bu. Rini, Hari Santoso, materi gizi disampaikan oleh Pak Muklas, sedangkan untuk materi PHBS disampaikan langsung oleh KAMABISAKA yaitu Dr. Yulius Roni Satrio.

Materi yang disampaikan antara lain, selayang pandang tentang HIV/AIDS yang termasuk dalam KRIDA BINA PENANGGULANGAN PENYAKIT, narkoba, obat dan kegunaanya yang termasuk dalam KRIDA BINA OBAT, Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) yang termasuk dalam KRIDA BINA GIZI, IMS dan keadaan janin di dalam rahim yang termasuk dalam KRIDA BINA KELUARGA SEHAT, keadaan rumah sehat yang termasuk dalam KRIDA BINA LINGKUNGAN SEHAT, dan kantin sekolah sehat yang termasuk dalam KRIDA BINA PHBS.

Materi selayang pandang tentang HIV/AIDS adalah mengenai bagaimana pandangan para pemuda tentang HIV/ AIDS serta bertujuan untuk memberikan gambaran kepada mereka tentang bahaya HIV/ AIDS. Selain itu juga mengulas mengenai bagaimana penularan HIV/AIDS tersebut.

Materi Narkoba, Obat Dan Kegunaanya. Membahas tentang perbedaan antara obat bebas, obat bebas terbatasm obat kerar, dan obat narkotika seperti NARKOBA. Dan pengetahuan bagaimana bahayanya penggunaan obat-obat terlarang, sikap yang kita terapkan jika ada seseorang yang terinfeksi NARKOBA dan pengobatan yang harus dilakukan jika terjadi keracunan obat.

Materi Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) juga memberikan pengetahuan tentang bagaimana gizi yang baik dan yang harus kita konsumsi setiap hari. Juga mengajarkan bagaimana prinsip memilih dan mengatur makanan atas dasar kelompok sumber zat gizi yang dibutuhkan untuk hidup sehat.

Materi IMS dan keadaan janin di dalam rahim , yang dibahas adalah mengenai keadaan rahim saat terjadi pembuahan dan sampai menjadi janin, dan mengenai diusia yang baik untuk mempunyai anak, karna apabila memiliki anak diusia muda (17 ke bawah) atau di usia tua (40 ke atas) kurang baik bagi pertumbuhan janin didalam kandungan dan setelah dewasanya. Memberi tahu penyakit yang bisa terjangkit didalam alat reproduksi. Dan memberitahukan kepada para remaja dampak yang akan diperoleh apabila melakukan seks bebas seperti halnya penyakit IMS.

Materi Keadaan Rumah Sehat, materi yang disampaikan mengenai bagaiman keadaan rumah yang sehat. Seperti penggunaan jamban, salah satu pengunaan jamban yang sehat adalah menggunakan jamban leher angsa.

Materi Kantin Sekolah Sehat, membahas tentang bagaimanana gambaran tentang parameter kantin sekolah sehat, dan bagaimana jajanan yang sehat dan tidak sehat, yang baik dikonsumsi maupun yang tidak baik untuk dikonsumsi.

Diklat yang diadakan kemarin juga bisa menjadi pedoman bagi para adik-adik, untuk bisa masuk kedalam krida-krida yang sesuai dengan bakat yang dimilikinya.

0 komentar:

Poskan Komentar