Minggu, 17 Februari 2013

Pelantikan Saka Bakti Husada Periode 2013/2014

Upacara pembukaan perkemahan
Akhirnya usai sudah perkemahan Sabtu-Minggu yang diselenggarakan oleh Dewan Saka Bakti Husada Kwarran Pesanggaran dalam rangka pelantikan anggota baru Saka Bakti Husada periode 2013/2014. Serangkaian kegiatan telah tertata dengan apik meliputi berbagai sesi kegiatan yang cukup menjadi motivasi serta semangat bagi anggota baru SBH Pesanggaran.

Penyematan tanda peserta
Kurang lebih ada 42 orang anggota baru SBH Pesanggaran yang telah resmi dilantik, meliputi keanggotaan dari Gugus Depan SMAN 1 Pesanggaran, SMK PGRI Pesanggaran, MAN Pesanggaran, dan SMK Muhammadiyah 8 Siliragung. Dalam perkemahan ini dihadiri pula oleh Dewan Saka dan Pengurus Harian dari Saka Wirakartika dan Saka Bahari sebagai wujud kebersamaan bahwa Gerakan Pramuka tetaplah satu, tidak terhalang pengerucutan Satuan Karya sebagai wadah dalam pembinaan bidang kegiatan tertentu.


Kegiatan istighotsah pada jadwal ishoma
Mengambil lokasi pelantikan di SMAN 1 Pesanggaran, kegiatan ini berjalan lancar dengan upacara pembukaan latihan sebagai pengawal kegiatan. Upacara pembukaan dilaksanakan dengan khidmad setelah dilakukan pemasangan papan nama peserta sebagai simbol diterimanya peserta sebagai calon anggota Saka Bakti Husada.
Materi dari kakak-kakak Universitas Bakti indonesia

Api Dasadarma
Kegiatan istighotsah bersama yang juga tidak kalah pentingnya dalam kegiatan ini mampu memberikan kemantapan spiritual bagi calon anggota. Hingga kegiatan sampai pada materi kesehatan dari kakak-kakak UBI (Universitas Bakti Indonesia) Banyuwangi. Pengetahuan seputar bahaya seks bebas bagi remaja mampu jadi bekal sekaligus perisai diri bagi calon anggota untuk senantiasa membatasi diri dalam bertindak mengingat usia yang labil pada masanya. Antusias yang cukup menggugah malam kegiatan pelantikan anggota SBH baru ini semakin mencapai klimaks ketika materi telah sampai kepada pengetahuan seputar aborsi sebagai dampak dari seks bebas yang tidak terkendali. Hingga kegiatan materi ditutup dengan pembekalan masalah kesakaan.

Kegiatan inagurasi oleh Kak Adi
Selanjutnya unggun gembira menjadi media penyalur daya kreatifitas calon anggota baru Saka Bakti Husada. Inagurasi menunjukkan beberapa potensi calon anggota sebagai laskar Gerakan Pramuka Penegak. Beberapa pembawaan games dan tepuk semangat dari Kak Adi selaku pengurus harian dari Saka Bahari juga memberikan kesan tersendiri yang cukup menghibur malam inagurasi ini.

Inagurasi
Tibalah kali ini pada pencarian jati diri yang diwujudkan dalam kegiatan perjalanan malam. Beberapa pos materi yang keseluruhannya merupakan materi pembinaan mental dan psikologis calon anggota menjadi tonggak puncak pembekalan kepribadian. Sebuah renungan yang disampaikan di akhir pos ini juga memberikan motivasi yang tiada taranya untuk senantiasa mengingatkan sikap anggota Gerakan Pramuka yang rendah diri, jauh dari sikap acuh dan angkuh.

Pembekalan kegiatan reboisasi
Mencapai pukul 05.30, olahraga pagi menjadi pengawal kegiatan pagi. Dilanjutkan dengan kegiatan reboisasi di salah satu lahan rawan menjadi agenda calon anggota yang sejatinya telah mampu menerapkan salah satu SKK dari Krida Bina Lingkungan Sehat. Hingga kegiatan pagi ini diakhiri dengan outbond yang sekaligus menjadi puncak serangkaian kegiatan pelantikan anggota baru Saka Bakti Husada Kwartr Ranting Pesanggaran.
Outbond
Kegiatan pelantikan & upacara penutupan
Upacara pelantikan sekaligus penyematan tanda keanggotaan saka berupa badge menjadi penutup kegiatan yang berjalan dengan sangat khidmad. Kak Mukhlas, AMd. G, S.Pd selaku Pimpinan Saka Bakti Husada Kwartir Ranting Pesanggaran yang bertindak sebagai pembina upacara menjadi penyemat dan pelantik anggota baru SBH Kwarran Pesanggaran. Dan akhirnya badge saka pun telah terpasang pada lengan kiri dengan pengucapan Tri Satya sebagai janji yang luhur Gerakan Pramuka dan jabat tangan sayonara menjadi penutup atas segala compang-camping kegiatan yang ada.

2 komentar:

  1. assalamualaikum kk
    bisa minta materi SBH gk kk.?
    saya dari SBH kecamatan majenang, salam kenal ya ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam..
      Kami kirim lewat e-mail Kak..
      Alhamdulillah.. Salam kenal juga Kak..

      Hapus