Minggu, 16 Desember 2012

Tri Saka Lagi-lagi Menunjukkan Kebersamaannya


Masih terjaga keutuhan Bati Saraka ini sebagai semangat Gerakan Pramuka yang satu walau beragam karya mewarnai kehidupan Pramuka Indonesia. Hari ini merupakan salah satu bukti bahwa Saka Bakti Husada, Wirakartika, dan Bahari Kwarran Pesanggaran – Siliragung selalu menjaga kesatuannya dalam mewujudkan Gerakan Pramuka yang dinamis, tidak mengutamakan golongan-golongan tertentu.

Perjalanan saat penempuhan wings
Sebagai wujud kebersamaan dan keeratan hubungan antar saka, Bati Saraka mengadakan kegiatan penempuhan wings saka secara bersamaan. Kegiatan ini merupakan gagasan positif dalam usaha menjaga estafet anggota dan pengurus saka yang disimbolkan dalam kegiatan perjalanan suatu rute dengan pencapaian akhir berupa wings saka.

Kegiatan ini diawali dengan upacara pembukaan yang juga hadir Waka Kwarran Siliragung sebagai pembuka kegiatan penempuhan wings ini. Check and pack juga terus dipersiapkan sebelum dimulainya perjalanan pada malam hari. Setting waktu ini sengaja diambil demi meminimalisir berbagai resiko yang timbul jika dilaksanakan pada siang hari.


Tepatnya pada pukul 21.00 laskar tri saka memulai perjalanan. Dengan menempuh rute kurang lebih 15 km, 8 sangga tri saka bergerak dengan hentakan merdeka. Sesekali pantauan senior dari masing-masing pos terus mengontrol jalannya kegiatan ini hingga akhirnya dicapai area akhir dalam pengambilan wings.

Suasana di pos informasi
Usai pengambilan wings, perjalanan dilanjutkan hingga mencapai garis finish pada camp pemberangkatan awal. Saatnya untuk istirahat sejenak merefresh energi dan mempersiapkan diri untuk kegiatan berikutnya.

Pukul 08.00 kegiatan penempuhan wings ini ditutup dengan ditandai dengan upacara penutupan. Penutupan kegiatan ini sekaligus diikuti dengan resufle pengurus lama dengan pengurus baru dari Dewan Saka masing-masing saka. Dengan resufle ini ditandai pula bahwa kepengurusan Dewan Saka periode 2011/2012 digantikan dengan Dewan Saka periode 2012/2013. Yang artinya beban tanggung jawab kini dilimpahkan kepada pengurus Bati Saraka baru.

Harapannya semoga ke depan Bati Saraka masih terus terjaga sebagai satu kesatuan saka yang saling berpacu untuk maju dan selalu menjaga kebersamaan. Dan dengan ini pula ditutuplah kegiatan penempuhan wings sekaligus resufle pengurus Saka dengan ditandatanganinya surat penyerahan jabatan dari masing-masing Tri Saka.

0 komentar:

Poskan Komentar