Minggu, 16 September 2012

Lintas Kegiatan Juli – Agustus

Sudah 2 bulan ini postingan pada blog Saka Bakti Husada Kwarran Pesanggaran vakum. Namun bukan berarti kegiatan kami vakum lho. Terlalu padat waktu untuk meluangkan sejenak kalimat-kalimat Husada sebagai landasan pada setiap pundi-pundi yang menyusun terbentuknya beberapa agenda yang berkesinambungan. Tentunya beberapa kegiatan pada bulan Juli dan Agustus ini memiliki makna tersendiri bagi anggota maupun Dewan Saka Bakti Husada.


Ada beberapa kegiatan yang telah kami lampaui selama kurun waktu dua bulan ini. Tentu saja keseluruhan kegiatan menyesuaikan dengan kondisi dan situasi yang sedang booming pada kedua bulan tersebut. Ya, bulan puasa dan bulan kemerdekaan Republik Indonesia memang berhimpitan dan tak mau berpisah satu sama lain. Keduanya memiliki ikatan kuat yang seolah-olah tak mau terpisahkan untuk tahun 2012 ini. Sehingga pada kedua bulan ini memang susah pula mewujudkan satu bentuk kegiatan yang terfokus pada satu tema tertentu. Namun, semuanya dapat dijadikan sebagai solusi bagi terwujudnya kegiatan yang variatif.

Persiapan tim medis
Selepas partisipasi pada kegiatan gerak jalan Kecamatan Siliragung lalu, pertisipasi kemerdekaan sebagai insan Husada masih menjadi tanggung jawab kami. Tim medis merupakan salah satu tanggung jawab yang terus diwujudkan sebagai agenda tahunan Saka Bakti Husada Kwarran Pesanggaran. Tidak tanggung-tanggung, 2 agenda yang terdiri dari 3 sesi segera kami sambut dengan satu semangat “Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan”.

Tanggal 14 Agustus merupakan hari jadi Pramuka. Keikutsertaan tim medis Saka Bakti Husada dalam upacara Harjapra ini menjadi satu tolok ukur atas materi-materi yang telah didapat selama kurun waktu sejak awal dilantiknya anggota Saka Bakti Husada hingga saat ini dengan penerapan langsung di lapangan. Bekal PPGD segera diluncurkan sebagai usaha yang laik dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip tim medis.

Satuan medis PMR Husada
Agenda kedua berlanjut pada tanggal 17 Agustus 2012 sebagai peringatan HUT RI ke-67. Dengan porsi tetap sebagai tim medis, agenda ini dilaksanakan dalam 2 sesi yakni saat pengibaran dan penurunan sang saka pada pagi dan sore hari. Namun kali ini kami tidak bergerak sendiri. Sebuah kolaborasi mantap dengan PMR dari seluruh SMA/ SMK/ MA di kawasan Pesanggaran membentuk sebuah kesatuan dengan julukan Satuan Medis PMR Husada. Kolaborasi ini dimaksudkan untuk menjaga keutuhan tim medis yang sejatinya terdiri dari berbagai kalangan, tidak hanya terfokus pada Saka Bakti Husada saja. Di samping itu, hal ini juga digunakan sebagai media bukti bahwa sifat terbuka dan dinamis Saka Bakti Husada sebagai bagian dari Gerakan Pramuka tetaplah ada.

Rangkaian kegiatan buka bersama
Terlepas dari agenda HUT RI, agenda untuk menghormati bulan ramadhan sebagai bulan suci umat Islam juga turut dilaksanakan. Setidaknya kegiatan buka bersama mewakili agenda bulan ramadhan ini. Dengan tetap menjaga keutuhan Tri Saka yang ada di Kwarran Pesanggaran - Siliragung, kegiatan ini turut mengundang beberapa pengurus dari Saka Bahari dan Wirakartika. Turut mengundang juga andalan ranting dari masing-masing kwartir ranting.

Demikian beberapa agenda yang telah terwujud pada bulan-bulan padat ini. Ke depan, Saka Bakti Husada Kwarran Pesanggaran masih terus menyongsong banyak sekali agenda kegiatan sesuai dengan kalender program kerja Saka Bakti Husada. Tentunya semangat akan terus kami jaga demi terwujudnya keseluruhan agenda-agenda tersebut. Maju terus Saka Bakti Husada! Sehat ada karena SBH jaya!

0 komentar:

Poskan Komentar