Rabu, 16 November 2011

Jalan Sehat Bersama Dinas Kesehatan Banyuwangi Dalam Rangka Hari Kesehatan Nasional


13 Nopember 2011

Dalam rangka Hari Kesehatan Nasional, tgl. 13 Nopember 2011 Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi memilih jalan sehat sebagai sarana penggugah semangat masyarakat akan kesehatan. Kegiatan ini dimaksudkan agar masyarakat senantiasa ingat dan peduli terhadap kesehatan diri, keluarga, dan lingkungan, mengingat pola hidup sehat saat ini belum menjadi kebiasaan yang mendarah daging bagi sebagian besar masyarakat pada umumnya. Dengan adanya kegiatan jalan sehat ini, seiring dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional respon dari berbagai lapisan cukup menggembirakan. 
Suasana jalan sehat
Dapat dilihat dari kuantitas peserta yang hadir dalam jalan sehat tersebut.

Walau hanya mengikutsertakan perangkat lembaga-lembaga kesehatan saja, namun kegiatan ini cukup bisa menjadi acuan sekaligus teladan hidup sehat bagi masyarakat. Kegiatan yang juga mendapat respon dari Pemkab Banyuwangi ini melibatkan instansi-instansi seperti puskesmas, sekolah kesehatan, dan instansi-instansi kesehatan lainnya.




Penyerahan hadiah utama oleh Bupati Banyuwangi

Rute awal, depan kantor Bupati
Sebagai Satuan Karya Bakti Husada yang juga merupakan bagian dari perangkat kesehatan yakni puskesmas yang berfungsi sebagai pangkalan, keikutsertaan dalam mewujudkan cita-cita kesehatan nasional menjadi momen penting untuk tidak dilewatkan begitu saja. Kegiatan yang sejatinya merupakan pengamalan dari Krida PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) ini menjadi suatu penerapan nyata agar selanjutnya dapat dikembangkan pada kapasitas yang lebih luas.

Tidak hanya itu, keikutsertaan Saka Bakti Husada Kwarran Pesanggaran dalam kegiatan jalan sehat ini adalah sebagai wujud partisipasi aktif saka terhadap program-program masyarakat dan pemerintah. Tidak hanya terpaku pada kegiatan intern yang hanya terfokus pada lingkup dalam Saka Bakti Husada sendiri.
Rute yang dimulai dari depan kantor bupati ini, ke arah timur kemudian berputar ke arah kanan hingga kembali ke lokasi awal cukup mampu menjadi makna tersendiri. Karena berdasarkan prinsip pola hidup sehat, manusia usia produktif hendaknya melakukan langkah sebanyak 10 ribu kali setiap harinya dan sebagian dari itu paling baik jika dilaksanakan pada pagi hari. Bahkan para lansia pun juga dianjurkan untuk melakukan jalan-jalan minimal 15 menit setiap pagi selepas bangun tidur. Sangat sesuai dengan makna jalan sehat ini.
Selepas kegiatan usai

Semangat!!!
Maka, mari kita para Satuan Karya mulai mengembangkan sayap masing-masing demi terciptanya kehidupan yang lebih baik. Bakti kepada masyarakat adalah cara terbaik untuk mendapatkan pengalaman secara nyata. Buka simpul mati kalian untuk lebih mengakrabkan diri dengan lingkungan luar. Tetap jaga semangat Pramuka, terapkanlah dalam Satuan Karya!!!
Atamma!
Labacco!!
Labarinna!!!
Sehat ada karena SBH jaya!!!
Bahkan balita pun tak mau melewatkan kesempatan sehat ini


0 komentar:

Poskan Komentar