Senin, 07 April 2014

Tim Medis yang Melayang di Udara

Dalam rangka meningkatkan keterampilan sebagai tim medis, Saka Bakti Husada Sri Tanjung Kwartir Ranting Pesanggaran menyelenggarakan kegiatan repling. Bekerja sama dengan tim MD Climbing Center Kedungrejo, kegiatan ini cukup menarik antusias anggota Saka Bakti Husada untuk terus meningkatkan kualitas dan keterampilan kridanya, khususnya pada SKK Gawat Darurat.

Tanggap dan sigap pada kondisi darurat memang harus menjadi syarat utama bagi para kader kesehatan. Sebagai satuan karya yang membidangi hal ini, maka sudah bukan hal yang tabu lagi untuk harus memiliki sikap ini. Sebab hal ini akan menjadi kebutuhan penting bagi tim medis Saka Bakti Husada ketika sewaktu-waktu melakukan pertolongan terhadap korban, juga pada kondisi bencana. Sikap berani bertindak yang dibarengi dengan sikap tenang adalah kunci pokok dalam hal ini, Untuk itulah maka diperlukan latihan khusus agar dapat menempatkan sikap ini pada kondisi yang tepat nantinya.

Dalam kondisi nyata, keterampilan repling ini sendiri juga diperlukan pada saat proses evakuasi korban. Tim Brigade Penolong menyebut ini dengan istilah Pertolongan Pertama Gawat Darurat secara vertikal atau biasa disingkat PPGD vertikal. Brigade Penolong yang juga merupakan organisasi khusus beranggotakan para insan Pramuka dan Satuan Karya ini, mengapresiasikan PPGD vertikal sebagai kebutuhan penting bagi anggota Gerakan Pramuka. Seringkali materi-materi pioneering seperti repling, wall climbing dan flying fox menjadi materi wajib yang perlu diberikan kepada anggotanya. Jadi sudah tentu menjadi barang penting pula bagi Saka Bakti Husada yang nyata-nyata memiliki SKK Gawat Darurat pada salah satu kridanya.

Akhirnya, kegiatan yang juga mengikutsertakan Himpunan Siswa Pecinta Alam (HISPALA) SMAN 1 Pesanggaran ini diakhiri dengan senyum lepas dan semangat antusias para pesertanya. Terjalinnya silaturrahmi antara insan Pramuka dan Pecinta Alam menjadi momen berharga yang tak terlupakan. Semoga saja Saka Bakti Husada dapat terus mengembangkan sayapnya dan merangkul semua pihak demi terciptanya semangat sehat untuk seluruh khalayak.

Sehat ada karena SBH jaya! Salam Pramuka!

0 komentar:

Poskan Komentar