Sabtu, 03 Desember 2011

Healthy Walk With Healthy Scout

Pulau Merah, sebagai konsep awal lokasi penyelenggaraan jalan sehat

Untuk kali keduanya Saka Bakti Husada Kwarran Pesanggaran berpartisipasi aktif dalam kegiatan jalan sehat. Jalan sehat kali ini diselenggarakan di wilayah Kecamatan Pesanggaran, mengikutsertakan seluruh jajaran masyarakat Pesanggaran tanpa pandang bulu. Berbeda dengan jalan sehat sebelumnya yang pernah diikuti di Banyuwangi yang hanya mengikutkan instansi-instansi kesehatan saja, kegiatan jalan sehat di wilayah Kecamatan Pesanggaran ini lebih bersifat universal.  Mulai dari sekolah, instansi kesehatan, lembaga kemasyarakatan, organisasi pemuda, bahkan masyarakat umum yang tidak terikat oleh instansi apapun berbaur menjadi satu dalam kegiatan yang sesungguhnya diselenggarakan untuk merayakan Hari Jadi Banyuwangi yang ke-240.
Suasana di lokasi pemberangkatan

Persiapan pendirian tenda gawat darurat
Lokasi strategis sengaja diambil demi sukses dan meriahnya kegiatan ini. Memilih salah satu tempat wisata yang bisa dibilang sudah populer dan tidak asing lagi di telinga masyarakat Kabupaten Banyuwangi, yakni Pulau Merah. Red Island, begitu sebutan wisatawan asing yang pernah mampir di tempat wisata ini, memiliki beberapa keunggulan tersendiri yang tidak bisa dinikmati di tempat-tempat wisata lainnya. Pasir putih yang terpapar di sepanjang pantai, ombak tenang yang bersahabat, tumbuhan pantai sebagai tempat santai yang nikmat, hingga batu karang indah terselubungi rumput laut dan hewan-hewan pantai menjadi keunggulan dari tempat wisata ini. Tidak hanya itu, kita juga bisa menikmati keindahan tanah merah di tengah laut (yang masyarakat menyebutnya Pulau Merah dan menjadikannya nama tempat ini) yang jika kita mengamatinya dengan seksama ada kesan unik dari tanah merah tersebut. Tidak salah jika panitia penyelenggara memilih tempat ini sebagai lokasi yang pas untuk tempat singgah, start, hingga finish bagi jalan sehat hari Sabtu, 03 Desember 2011 ini.

Partisipasi aktif jalan sehat dan posko tim medis

Selepas dari itu semua, kegiatan yang dimulai kurang lebih pkl. 06.00 ini mengambil lokasi pemberangkatan di sebuah tanah lapang dekat Pulau Merah. Dengan rute perjalanan sebagian besar melalui jalan-jalan setapak. Sungguh unik. Berbeda dengan jalan sehat pada umumnya yang selalu melalui jalan besar/ jalan raya. Dengan rute yang semacam ini, kita akan benar-benar dihadirkan dan disandingkan dengan alam sekitar kita. Kita akan benar-benar tahu bagaimana alam Banyuwangi ini yang memang masih hijau. Kita akan mampu menghargai keindahan lingkungan kita, mengamati, dan melestarikannya sesuai dengan semboyan “Banyuwangi Ijo Royo-royo” yang baru-baru ini juga telah digalakkan usaha “Banyuwangi Green and Clean”.

Menikmati alam wisata sebagai kegiatan penutup
Saka Bakti Husada Kwarran Pesanggaran menyikapi konsep matang ini dengan membagi anggota menjadi dua kelompok. Kelompok pertama berpartisipasi aktif dalam jalan sehat dan kelompok kedua bertugas menjadi tim medis dengan mendirikan tenda darurat di lokasi dimulai dan berakhirnya barisan jalan sehat ini, karena lokasi start dan finish memang pada tempat yang sama. Bekerja sama dengan tim medis dari Pangkalan Puskesmas Pesanggaran, posko darurat ini semakin mantap memberikan pelayanan terbaik kepada peserta jalan sehat yang mungkin mengalami keluhan kesehatan.
Usai kegiatan jalan sehat, pembagian doorprize menjadi acara pendukung yang juga mampu membangkitkan semangat para peserta jalan sehat. Tidak hanya itu, voli pantai dan sepak bola pantai juga mengiringi meriahnya acara sebelum kegiatan dalam rangka peringatan Harjaba ini berakhir. Acara-acara khusus yang dibuat secara pribadi oleh peserta jalan sehat seperti foto bersama, menikmati ombak pantai, bermain pasir, dan sebagainya memberikan makna tersendiri pula bagi penikmat alam atas kecintaan mereka terhadap indahnya Banyuwangi.

Sehat ada karena SBH jaya!
Salam, Love Healthy Scout!

0 komentar:

Poskan Komentar